Sabtu, 09 Mei 2020

SOAL PILIHAN GANDA UAS GASAL MAPEL MENEMUKAN PELUANG BARU DARI PELANGGAN


Kerjakan soal di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat

1.      Mengapa bagian marketing sering disebut jantung dari perusahaan?

a.       Terkait kemampuan penjualan perusahaan

b.      Hidup matinya perusahaan

c.       Karena penting

d.      Banyak pekerja pada marketing

e.       Kebiasaan konsumen

2.      Segmentasi geografik membagi pasar menjadi beberapa unit/kelompok sesuai dengan gambaran?

a.       Penduduknya

b.      Sifat konsumen

c.       Psikologis

d.      Wilayah/tempatnya

e.       Kebiasaan konsumen

3.      Yang termasuk faktor demografi adalah?

a.       Wilayah

b.      Umur

c.       Sikap

d.      Daerah pedesaan

e.       Penghasilan

4.      Sebelum menetapkan pasar sasaran (target pasar) perusahaan perlu melakukan?

a.       Survei pasar

b.      Segmentasi pasar

c.       Pemosisian pasar

d.      Menetapkan business domain

e.       Melakukan market orientid

5.      Sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia disebut?

a.       Pemasaran

b.      Politik

c.       Produksi

d.      Ekonomi

e.       Ekonomi mikro

6.      Manusia memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya. Manakah ilustrasi yang tepat untuk menggambarkan keinginan?

a.       Seseorang memperhatikan iklan smartphon di televisi dengan seksama

b.      Kemudian ia mulai browsing mencari informasi tentang produk tersebut

c.       Membandingkan review produk dengan produk sejenis pesaingnya

d.       mengadakan kontak melalui YM dan BBM di penjual

e.       Terjadi kesepakatan harga dan ia mentransfer sejumlah uang dan menerima barang tersebut

7.      Seorang pemasar sebaiknya memiliki …… agar tujuan pemasaran dapat tercapai?

a.       Wajah yang cantik

b.      Kebiasaan baik

c.       Biaya tambahan

d.      Pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran

e.       Rencana yang matang

8.      Pelanggan adalah orang atau lembaga yang melakukan pembelian?

a.       Satu kali

b.      Dua kali

c.       Tiga kali

d.      Dalam jumlah besar

e.       Berulang-ulang

9.      Pada dasarnya pelanggan dibagi menjadi dua jenis, yaitu?

a.       Individu dan Kelompok

b.      PT dan CV

c.       Internal dan Eksternal

d.      Tetap

e.       Musiman

 

 

 

 

10.  Masyarakat umum yang menerima produk industri merupakan pengertian dari pelanggan?

a.       Internal

b.      Eksternal

c.       Individu

d.      Kelompok

e.       Tetap

11.  Karyawan dari suatu industri termasuk dalam jeni pelanggan?

a.       Internal

b.      Eksternal

c.       Individu

d.      Kelompok

e.       Tetap

12.  Tahap paling awal dalam proses pengambilan keputusan pembelian adalah?

a.       Memutuskan membeli

b.      Menetapkan tujuan

c.       Menilai sumber

d.      Analisis kebutuhan dan keinginan

e.       Identifikasi alternatif

13.  Manakah yang lebih penting. Mencari pelanggan baru, atau mempertahankan pelanggan lama?

a.       Mencari pelanggan baru

b.      Mencari pelanggan lama

c.       Mempertahankan pelanggan lama

d.      Doa

e.       Disiplin

14.  Saat pelanggan kita puas. Maka akan memberikan dampak berupa?

a.       Pembelian kembali terhadap produk

b.      Mengatakan hal-hal baik tentang perusahaan

c.       Kurang memperhatikan merk lain

d.      a dan c benar

e.       a, b dan c benar

15.  Hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan disebut sebagai?

a.       Kebutuhan

b.      keinginan

c.       Candu

d.      Produk

e.       Jasa

16.  Keadaan dimana manusia merasa perlu terhadap sesuatu yang tidak memiliki kepuasan dasar adalah pengertian dari?

a.       Kebutuhan

b.      keinginan

c.       Permintaan

d.      Produk

e.       Jasa

17.  Keinginan akan sesuatu yang didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya disebut?

a.       Kebutuhan

b.      keinginan

c.       Permintaan

d.      Produk

e.       Jasa

18.  Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi pola konsumsi:

                        I.            Penghasilan yang diperoleh

                     II.            Pendidikan

                  III.            Lingkungan kerja

                  IV.            Umur

                     V.            Teman sebaya

Manakah faktor yang memengaruhi pola konsumsi yang benar?

a.       I, II, dan III

b.      II, III, dan IV

c.       III, IV, dan V

d.      I, II, dan IV

e.       I, II, dan V

19.  Jika penghasilan yang diperoleh kecil, maka pola konsumsinya ….. ?

a.       Kecil

b.      Besar

c.       Sederhana

d.      Mewah

e.       Ala kadarnya

20.  Seorang petani tidak memerlukan pakaian lengkap dengan dasi. Tetapi pegawai kantor memerlukan itu semua. Hal ini menunjukkan bahwa?

a.       Pekerjaan manusia saling melengkapi kebutuhan

b.      Pekerjaan seseorang berbeda-beda

c.       Pekerjaan menuntut adanya konsumsi

d.      Pekerjaan tidak memengaruhi pola konsumsi

e.       Pekerjaan memengaruhi pola konsumsi

21.  Jika harga barang yang ditawarkan relatif mahal, maka permintaan konsumen terhadap barang akan …..?

a.       Banyak

b.      Sedikit

c.       Fluktuatif

d.      Ragu

e.       Yakin

22.  Setiap waktu kebutuhan dan selera bisa saja berubah karena bersifat?

a.       Stagnan

b.       Fluktuatif

c.        Dinamis

d.       elastis

e.       Inelastis

23.  Dalam istilah ekonomi, barang komplementer berfungsi untuk?

a.       Memenuhi keinginan

b.      Memenuhi kebutuhan

c.       Memenuhi permintaan

d.      Menggantikan barang lain

e.       Melengkapi barang lain

24.  Sedangkan barang substitusi berfungsi untuk?

a.       Memenuhi keinginan

b.      Memenuhi kebutuhan

c.       Memenuhi permintaan

d.      Menggantikan barang lain

e.       Melengkapi barang lain

25.  Elastisitas permintaan adalah perbandingan antara perubahan ……. dan ……. yang mengakibatkannya. Kata yang tepat untuk melengkapi pengertian tersebut adalah?

a.       Jumlah permintaan barang, jumlah perubahan harga

b.      Jumlah permintaan barang, jumlah penawaran barang

c.       Jumlah penawaran barang, jumlah perubahan harga

d.      Harga, kuantitas supplay

e.       Harga, penjualan

26.  Makin banyak barang substitusi, maka elastisitas permintaan semakin?

a.       Kuat

b.      Lemah

c.       Besar

d.      Kecil

e.       Baik

27.  Jika permintaan barang sudah menjadi kebiasaan konsumen maka permintaan barang itu akan?

a.       Elastisitas

b.      Elektabilitas

c.       Equitas

d.      Inelastis

e.       Elastis

28.  Philip Kottler menjelaskan bahwa pemasaran adalah kegiatan manusia (para individu dan organisasi) yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan?

a.       Kebutuhan dan keinginan pelanggan

b.      Pengusaha

c.       Ekonom

d.      Kepentingan marketing

e.       Kebutuhan supliyer

29.  Perhatikan urutan penelitian berikut:

1)      Menganalisis data penelitian

2)      Mendefinisikan dan menentukan situasi saat ini

3)      memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya

4)      mengumpulkan data

urutan proses penelitian pemasaran diatas yang benar adalah?

a.       1, 2, 4

b.      2, 4, 1, 3

c.       3, 4, 2, 1

d.      1, 2, 3

e.       2, 4, 3, 1

30.  Marketing mix merupakan strategi di bidang pemasaran yang difokuskan pada penciptaan rasa kepuasan dan konsumen melalui?

a.       Produk, harga perolehan, dan promotion

b.      Produk, price, dan place

c.       Produk, price, place, dan promotion

d.       Harga yang murah dan barang yang berkualitas

e.       Promosi yang menyenangkan

31.  Banyak perusahaan gagal dalam menerapkan marketing mix karena terdapat kemungkinan situasi dan kondisi sudah berubah. Melihat kondisi tersebut maka langkah yang tepat adalah?

a.       Mencari alternatif selain marketing mix

b.      Menunggu sampai  waktu yang tepat

c.       Menghubungi bagian marketing

d.      Mengangkat karyawan baru

e.       Melakukan peninjauan kembali

32.  Dalam melaksanakan marketing mix tidak boleh meniru perusahaan lain, karena situasi dari perusahaan yang satu dengan yang lain?

a.       Tidak mesti sama

b.      Merupakan persaingan

c.       Sama-sama ingin maju

d.      Mengusahakan untuk memperoleh keuntungan

e.       memproduksi barang yang sejenis

33.  Marketing mix sebaiknya diusahakan untuk mencapai tujuan jangka panjang tanpa melupakan tujuan jangka pendek. Apa keterkaitan tujuan jangka pendek dengan tujuan jangka panjang tersebut?

a.       Tujuan jangka pendek menghambat pencapaian tujuan jangka panjang

b.      Tujuan jangka pendek lebih penting dari tujuan jangka panjang

c.       Tujuan jangka panjang lebih penting dari tujuan jangka pendek

d.       Tujuan jangka pendek untuk mencapai tujuan jangka panjang

e.       Tidak ada kaitannya. Karena pendek dan jauh berbeda waktunya

34.  Terdapat ungkapan “pengalaman adalah guru yang paling baik”. Begitu juga dengan marketing mix, akan berhasil jika mau belajar dari pengalaman. Kenapa pengalaman bisa menjadikan marketing mix sukses?

a.       Dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan

b.      Dapat menjadi pembelajar

c.       Menjadi pintar

d.      Bisa terampil mengelola

e.       Baik

35.  Jasa tidak bisa dilihat, dirasa, didengar, atau dicium sebelum ada transaksi pembelian. Pernyataan tersebu merupakan bukti bahwa terdapat jasa yang mempunyai sifat?

a.       Astral

b.      Tidak berwujud

c.       Tidak dapat dipisahan

d.      Berubah-ubah

e.       Daya tahan

36.  Yang tidak termasuk tujuan diadakannya sales promotion adalah?

a.       Menarik para pembeli baru

b.      Memberi penghargaan kepada pemakai lama

c.       Meningkatkan daya beli

d.      Meningkatkan jumlah penjualan jangka pendek

e.       Agar pelaporan kepada pimpinan baik

37.  Sepanjang sejarah perusahaan-perusahaan,manajemen mencurahkan sebagian besar perhatiannya untuk mengelola manusia, modal, material, dan mesin, tetapi melupakan unsure penting yang kelima yaitu?

a.       Pesaing

b.      Pinjaman dari bank

c.       Informasi

d.      Pasar produknya

e.       Relasi bisnis

 

38.  Perkembangan pemasaran dari usaha yang tadinya bersifat local ke regional/nasional bahkan internasional perlu didukung oleh?

a.       Modal yang besar

b.      Pegawai yang banyak

c.       Penjualan yang tinggi

d.       Data masa lalu

e.       Informasi yang akurat

39.  Sasaran utama riset pasar adalah?

a.       Masyarakat konsumen dan industri

b.      Pesaing

c.       Kompetitor

d.      Kolega

e.       lingkungan bisnis

40.  Tujuan  riset pasar yang paling utama adalah untuk memperoleh?

a.       Kabar

b.      Profit/keuntungan

c.       Informasi

d.      solusi

e.       Produktifitas

41.  Data skunder merupakan data yang diperoleh dari?

a.       Catatan intern perusahaan

b.      Pemerintah

c.       Data statistik

d.      Reklame

e.       Semua jawaban benar

42.  Data yang bersumber dari konsumen, pedagang perantara, dan penjual disebut data?

a.       Penting

b.      Tambahan

c.       Pelengkap

d.      Primer

e.       Skunder

43.  Formullir yang berisikan pertanyaan-pertanyaan disebut?

a.       Kuosioner

b.      Soal

c.       Lembar observasi

d.      Kriteria penilaian riset

e.       Media riset

44.  Formulir pertanyaan dapat dibuat secara open endet. Artinya?

a.       Multiple choise question

b.      Pertanyaan dapat dijawab dengan bebas

c.       Pilihan ganda

d.      Terbuka

e.       Tertutup

45.  Rancangan untuk menentukan sampel dalam melaksanakan riset, akan menjawab masalah?

a.       Siapa yang menjadi objek survei

b.      Berapa banyak sampel yang diperlukan

c.       Bagaimana cara memilih sampelnya

d.      a dan c benar

e.       a, b dan c benar

 

46.  Setiap unit yang terdapat dalam suatu bagian diambil dan dipilih yang sama besarnya atau jumlahnya merupakan teknik menemukan sampel secara?

a.       Random sampel

b.      Area sampel

c.       Kuota sampel

d.      Ordinal

e.       Semua benar

47.  Pengambilan sampel dan perbandingan jumlah keseluruhan merupakan teknik menemukan sampel secara?

a.       Random sampel

b.      Area sampel

c.       Kuota sampel

d.      Ordinal

e.       Semua benar

48.  Fungsi promosi yang dijalankan oleh perusahaan adalah salah satu acuan pemasaran yang paling baik untuk?

a.       Membangun merek

b.      Memperkenalkan barang yang dijual

c.       Memperkenalkan manajemen bisnis perusahaan

d.      Memperoleh modal

e.       Semua benar

 

49.  Syarat dalam meningkatkan penjualan barang:

1)      Menganalisis merek

2)      Menganalisis modal yang dibutuhkan

3)      Mengadakan analisis kualitas barang

4)      Mengadakan analisis harga barang

5)      Menganalisis competitor

Syarat tersebut yang lengkap adalah nomor?

a.       1, 2, 3

b.      1, 2, 3, 4

c.       2, 3, 4

d.      2, 3, 4, 5

e.       1, 2, 4, 5

50.  Manfaat riset pasar terhadap brand dari perusahaan adalah upaya dalam?

a.       Menganalisis competitor

b.      Mengadakan analisis harga barang

c.       Mengadakan analisis kualitas barang

d.  Menganalisis modal yang dibutuhkan

      e.   Menganalisis merek