Sabtu, 09 Mei 2020

SOAL PILIHAN GANDA UAS MAPEL MENGOPERASIKAN PERALATAN TRANSAKSI


Kerjakan soal di bawah ini dengan memilih jawaban yang paling tepat

1.      Filsafat tentang kehendak mengenai baik atau buruk yang mengajarkan keluhuran budi dan aturan-aturan kesopanan adalah pengertian dari?

a.       Etika

b.      Etis

c.       Etiket

d.      Etos

e.       Elektabilitas

2.      Pengertian etiket adalah?

a.       Orang yang menggunakan etika

b.      Tata cara sopan santun dalam pergaulan

c.       Filsafat tentang baik dan buruk

d.      Tiket elektronik

e.       Tiket untuk bertemu dengan pimpinan perusahaan

3.      Etiket hubungan antara penjual dengan pelanggan dapat meliputi?

a.       recruitment

b.      Kenaikan pangkat

c.       Penurunan pangkat

d.      Pemberian garansi terhadap produk

e.       Pemutusan hubungan kerja (PHK)

4.      Cara melakukan pemanggilan dengan telepon yang benar adalah?

a.       Angkat gagang telepon, bicara, dan tutup telepon

b.      Angkat gagang telepon, tekan nomor tujuan, dan letakkan gagang telepon

c.       Aangkat gagang telepon, tekan nomor tujuan, setelah tersambung lakukan pembicaraan, dan letakkan gagang telpon jika telah selesai

d.       Tekan nomor tujuan, lakukan pembicaraan, dan letakkan gagang telepon

e.       Tekan redial, angkat telelpon, dan lakukan pembicaraan

5.      Berikut merupakan tombol untuk mengulang kembali nomor terakhir kita menelepon setelah pesawat telepon dimatikan adalah?

a.       Hold

b.      Flash

c.       Redial

d.       Lcd

e.       Pause

6.      Dengan tidak mengangkat gagang telepon seseorang bisa melakukan pembicaraan lewat telepon dengan menggunakan fasilitas?

a.       Transfer

b.      Speakerphone

c.       Auto memori

d.       Intercome

e.       On-line

7.      Pada saat menerima panggilan, yang harus dilakukan adalah?

a.    Angkat gagang telepon, beri salam, lakukan pembicaraan, catat hal penting, tutup telepon

b.      Beri salam, lakukan pembicaraan, catat hal penting, dan tutup telepon

c.       Tekan nomor telepon, beri salam, lakukan pembicaraan, dan tutup telepon

d.       Ucapkan halo, lakukan pembicaraan, catat hal penting, dan tutup telepon

e.       Mencatat telepon masuk, beri salam, dan tutup telepon

8.      Berikut etiket berkomunikasi lewat telepon yang harus diperhatikan, yaitu

a.       Kebersihan pesawat, kejernihan suara, dan volume suara

b.      Intonasi dan nada bicara,kecepatan bicara, pengucapan bahasa

c.       Biarkan telepon bordering tiga kali dan angkat gagang telepon

d.      Ucapkan salam, catat hal  penting, dan tutup gagang telepon

e.       Bila salah sambung langsung ditutup

9.      Point yang perlu ditulis pada lembar pesanan telepon ketika orang yang dituju tidak ada yaitu?

a.       Hari, tanggal, dan nama penelepon

b.      Tanggal, isi pesan, dan waktu menelepon

c.       Isi saja karena yang utama

d.      Hari, tanggal, nama penelpon, isi pesan, waktu menelepon

e.       Nama penelpon dan waktu janjian

10.  Bila telepon mengalami gangguan, pihak-pihak yang harus dihubungi di perusahaan adalah?

a.       Teknisi, pimpinan, bagian keuangan, dan bagian sarana prasarana

b.       Teknisi, operator seluler, dan server

c.        Teknisi HP

d.       Bagian service dan bagian sarana

e.       Pimpinan,bagian sarana, dan prasarana

11.  Alat hitung merupakan salah satu kelengkapan dalam melakukan transaksi penjualan. Berikut yang termasuk alat hitung adalah?

a.       Price labelling

b.      Credit card

c.       Mesin EDC

d.      Kalkulator

e.       Ultraviolet

12.  Fungsi-fungsi dasar pada alat hitung adalah?

a.       Penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian

b.      Akar, pangkat, dan persen

c.       Memori, persen, dan pangkat

d.      Decimal dan derajat

e.       Mark up dan mark down

13.  Kalkulator memili banyak tombol. Tombol apakah yang berfungsi untuk menghapus keseluruhan angka yang sudah di jumlah?

a.       MRC

b.      C

c.       CA

d.       Ã 

e.       M-

14.  Type desktop calculator elektronik mempunyai ciri sebagai berikut?

a.       Diletakkan di atas meja,berbentuk besar, dan tombol-tombolnya terlihat jelas

b.      Berbentuk datar dan tombol-tombolnya terlihat jelas

c.       Berbentuk kotak dengan tombol-tombol yang rata permukaannya

d.       Bentuk kecil pipih dan dapat di masukkan ke dalam saku

e.       Bentuk tebal dan dapat dimasukkan ke dalam saku dengan tombol rata

15.  Verifikasi hasil perhitungan diperlukan untuk?

a.       Sesuai dengan SOP toko

b.      Meyakinkan

c.       Memantapkan hati

d.      Menghindari kesalahan perhitungan baik jumlah barang maupun harga

e.       Mengecek kebenaran alat hitung

16.  Apa saja yang perlu  dilakukan dalam pemeliharaan alat hitung elektronik agar mesin bisa awet digunakan?

a.       Tutup mesin setelah digunakan, bersihkan dengan alat yang sesuai, ganti pita jika akan habis, service secara rutin setiap seminggu sekali atau sebulan sekali

b.      Tutup mesin setelah digunakan, bersihkan dengan alat yang sesuai, service jika rusak

c.       Selama tidak ada keganjalan dalamoperasi maka tidak perlu di service agar hemat anggaran

d.      Copot kabel setelah digunakan, bersihkan keyboard setiap hari, hati-hati dalam menekan tombol

e.       Pelajari terus petunjuk penggunaan mesin

17.  Berikut ini adalah ciri-ciri kalkulator elektronik, kecuali?

a.       Tenaga penggeraknya dapat berupa baterai, sinar matahari, dan listrik

b.      Susunan komponen dan cara kerjanya bersifat elektronik

c.       Hasil perhitungan bisa ditampilkan di desktop dan kertas printer

d.      Cara kerja komponennya bersifat mekanik

e.       Dilengkapi dengan bermacam perhitungan khusus

18.  Berikut yang tidak termasuk komponen-komponen kalkulator elektronik adalah?

a.       Tutup pita

b.      Tangkai kertas roll

c.       Layar baca/display

d.      Kertas hitung/roll paper

e.       Baterai

19.  Pembayaran terdiri dari pembayaran tunai dan non tunai. Berikut yang termasuk pembayaran non tunai, yaitu?

a.       Uang giral dan uang kartal

b.      ATM, credit card, dan debit card

c.       Discount card

d.       Master card dan krida card

e.       Wesel pos

20.  Pengoperasin pembayaran dengan kartu kredit yang benar adalah?

a.       Hidupkan mesin, gesek kartu, cek  nomor kartu, masukkan nilai transaksi dan catat kode slip

b.      Gesek kartu, masukkan harga, dan kembalikan kartu ke pembeli

c.       Gesek kartu, catat nomor kartu, masukkan harga, dan kembalikan kartu

d.      Catat harga, masukkan transaksi, dan gesek kartu

e.       Pilih menu pembayaran kredit, masukkan jumlah transaksi, gesek kartu, minta konsumen untuk memasukkan PIN, tekan enter

21.  Untuk memberikan informasi harga pada konsumen, maka barang dapat diberikan label harga dengan menggunakan?

a.       Credit card

b.       Scanner harga

c.        Price labelling

d.       Cash register

e.       Elektronik scanner

22.  Kenapa alat pelabel harga diperlukan dalam toko pakaian?

a.       Agar toko terlihat bonafit

b.      Konsumen menjadi percaya diri

c.       Memberikan kepastian harga

d.      Kasir bertambah pintar

e.       Memberi informasi yang baik

23.  Berikut prosedur pengoperasian alat pelabel harga yang benar, yaitu?

a.       Periksa alat, siapkan daftar harga dan barang, atur harga, dan lakukan pelabelan

b.      Periksa alat, daftar harga, atur harga, dan pelabelan

c.       Atur harga, tekan gagang alat, dan gesekkan pada label harga

d.       Seting alat, tempelkan harga, dan gesekkan alat

e.       Seting alat, seting harga, dan pelabelan

24.  Dalam etika melakukan komunikasi lewat telepon, maka apabila mendengar dering telepon sebaiknya segera diangkat. Maksimal dering telepon berbunyi ….. kali

a.       Satu

b.      Dua

c.       Tiga

d.      Empat

e.       Lima

25.  Perhatikan langkah-langkah dalam mengoperasikan alat hitung berikut:

1)      Tekan angka berikutnya yang akan dikurangkan

2)      Tekan tombol sama dengan

3)      Tekan angka yang dikurangkan

4)      Tekan tombol kurang

Dari langkah-langkah di atas, urutan perhitungan operasi pengurangan yang tepat adalah?

a.       3, 4, 1, dan 2

b.      1, 2, 3, dan 4

c.       3, 4, 2, dan 1

d.      2, 1, 4, dan 3

e.       4, 1, 3, dan 2

26.  Prosedur pengoperasian cash register dalam melayani transaksi penjualan adalah?

a.       Masukkan jumlah barang dan harga barang, PLU, ST, masukkan nominal uang yang dibayarkan, tekan TL

b.      Harga barang, departemen, subtotal, dan total bayar

c.       Masukkan jumlah barang kali harga barang, PLU, ST, masukkan jumlah uang yang dibayarkan, tekan TL

d.       Departemen, jumlah barang, harga barang, total, dan sub total

e.       Departemen, ST dan NS

27.  Untuk setting tanggal dan waktu pada cash register. Kita harus memulai dari mode?

a.       AL 1

b.      AL 2

c.       AL 3

d.      Program

e.       PGM

28.  Saat kita memberi nama toko pada struk terdapat enam baris lokasi penulisan. Baris 1-3 berfungsi untuk?

a.       Menulis kaki struk

b.      Menulis isi struk

c.       Menulis Kop struk

d.      Membaca jumlah discount

e.       Memasukkan ucapan terima kasih

29.  Sedangkan baris 4-6 saat member nama struk berfungsi untuk?

a.       Menulis jumlah pembelian

b.      Menulis isi struk

c.       Menulis kaki struk (terimakasih dll)

d.      Membaca jumlah discount

e.       Memasukkan nama took

 

 

30.  Alat untuk mempercepat proses transaksi penjualan di kasa adalah?

a.       Label harga

b.      Cash register

c.       Info harga

d.      Cetak harga

e.       Mesin cetak

31.  Selain melayani pembayaran dengan tunai, cash register juga bisa melayani pembayaran dengan

a.       KTP

b.      Cash money

c.       Prie labelling

d.      Mesin cetak

e.       Kartu kredit

32.  Perhatikan langkah-langkah beriktu:

1)      Tekan tombol sama dengan

2)      Tekan angka pembagi

3)      Tekan angka yang akan dibagai

4)      Tekan tombol pembagian

Dari langkah-langkah di atas, urutan perhitungan operasi pembagian yang tepat adalah?

a.       1, 2, 3 dan 4

b.      3, 4, 2 dan 1

c.        3, 4, dan 1

d.       2, 1 dan 3

e.       4, 1 dan 2

33.  Kunci untuk seorang operator/kasir adalah?

a.       Reg

b.      MA

c.       KA

d.       Cetak

e.       Tiki

34.  Untuk melakukan pembayaran secara kredit melalui cash register dapat menggunakan tombo?

a.       RA

b.      PO

c.       CH

d.      CR

e.       1%

35.  Berikut tombol yang digunakan untuk membatalkan transaksi yaitu?

a.       CH

b.      CR

c.       ESC

d.      1%

e.       2%

36.  Tombol CL berfungsi untuk?

a.       Pembayaran kredit

b.       Pembayaran cash

c.        Pembayaran dengan cek

d.       menghapus

e.       Pengembalian uang setelah transaksi

37.  Agar pembeli tahu jumlah yang harus dibayar maka bisa menggunakan tombol?

a.       TL

b.      MR

c.       NS

d.       CL

e.       ST

38.  Alat untuk menghitung proses transaksi penjualan menggunakan?

a.       Label harga

b.      Debit card

c.       Info harga

d.       Cetak harga

e.       Cash register

39.  Kalkulator untuk kebutuhan bisnis dan sains bentuknya berbeda. Perbedaannya terletak pada?

a.       Tombol fungsi

b.      Penjumlahan

c.       Penggunaan power

d.      Printer

e.       Mesin cetak

40.  Berikut adalah kelebihan mesin cash register , kecuali?

a.       Mempercepat penyelesaian transaksi

b.      Mengetahui jenis dan nama barang

c.       Dapat mengetahui total penjualan

d.      Mudah di bawa ketika bepergian

e.       Sebagai alat control bagi pemilik toko

41.  Kepanjangan dari mesin POS adalah?

a.       Profit on sales

b.      Point of sales

c.       Partisi to suport

d.      Paket OS

e.       Poin of Sampling program

42.  Berikut yang termasuk dalam perangkat software mesin POS adalah?

a.       Keyboard

b.      Printer

c.       Aplikasi program POS

d.      Monitor

e.       Scanner

43.  Kenapa cash register (CR) tergantikan oleh mesin POS?

a.       Mesin POS lebih baru

b.      CR Berat sehingga sulit di bawa

c.       Mesin POS kemampuannya tidak terbatas

d.      Mesin POS ringan di bawa

e.       Mesin POS menggunakan keyboard

44.  Saat kartu anggota di “blocked” kemudian mesin POS menampilkan status A. Artinya kartu anggota?

a.       Not Active

b.      Addreas incorrect

c.       Not authorized person

d.      Will be deleted

e.       Theft

45.  Saat kartu anggota di scan kemudian muncul Status T (Theft) berarti?

a.       Alamat salah

b.      Kartu ada duplikasi

c.       Not authorized

d.      Kartu tersebut hilang

e.       Tidak aktif

46.  Apabila pelanggan memilik kartu lebih dari satu (duplikasi). Maka langkah yang ditempuh seorang kasir adalah?

a.   Menyurug pelanggan membayar sejumlah uang

b.   Meminta pelanggan untuk mengembalikan salah satu kartu

c.       Membiarkan saja

d.      Menghubungi polisi

e.   Cuek saja karena tidak ada ruginya bagi toko

47.  Apabila pelanggan belum membayar membership fee. Setelah di minta membayar ternyata tidak mau. Maka pembelian?

a.       Dilanjutkan saja

b.      Diberi bonus

c.       Dilaporkan ke polisi

d.      Sah

e.       Tidak dapat di proses

48.  Apabila pembayaran menggunakan voucher. Maka terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Kecuali?

a.       Masa berlakunya

b.      Tanda tangan

c.       Nominal voucher

d.       Syarat penukaran

e.       Siapa yang membawa vouvher

49.  Untuk bisa menggunakan mesin debit/kredit maka pihak took harus terhubung on-line dengan?

a.       Toko lain

b.      Supliyer produk

c.       Bank

d.      Pihak telkom

e.       PLN

50.  Saat ada konsumen yang complain kepada kita. Maka langkah yang tepat adalah?

a.       Meminta maaf baru menjelaskan

b.      Menjelaskan jika kita tidak salah

c.       Menuntut keadilan

d.      Memberi nasehat pada konsumen

Memberi kritik yang membangun