Artikel ini kami
tulis sebagai gambaran bagi yang berkepentingan, khususnya tentang pemanfaatan
aplikasi google form dalam
pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Tulisan ini kami sajikan secara ringkas dan
rinci, sehingga pembaca akan lebih mudah memahami isinya. Untuk lebih jelasnya
tentang apa saja isi dari buku panduan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan
menggunakan aplikasi google form dapat dilihat dibawah ini:
1. Cara membuka aplikasi google form
2. Cara membuat judul evaluasi pembelajaran dengan
aplikasi google form
3.
Cara setting
awal evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google
form
4. Cara membuat soal pada aplikasi google form
5. Cara membuat kunci jawaban dan penskoran pada aplikasi
google form
6. Cara menganalisis hasil pekerjaan peserta didik
Untuk mempersingkat waktu, berikut kami bahas ke enam materi diatas satu-persatu. Selamat membaca.
1.
Cara membuka aplikasi google form
......Sebelum kita bisa membuat soal
evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form. Terlebih dahulu kita harus
login pada aplikasi tersebut. Cara login aplikasi google form sebagai berikut:
a. Pastikan anda sudah login akun google crome. Karena
aplikasi google form harus terkoneksi dengan akun google Anda.
b. Sebagai contoh, ketik
https://docs.google.com/forms/
pada mesin pencarian Anda (Android atau laptop). Maka akan muncul tampilan
sebagai berikut:
c. Pada tampilan diatas. Klik gambar plus (+) di
kanan bawah. Maka akan muncul tampilan berikut:
1.
Cara membuat judul evaluasi pembelajaran dengan
aplikasi google form
.....Judul adalah identitas evaluasi
pembelajaran. Maka hendaknya judul ini ditulis secara jelas meliputi identitas
mata pelajaran, kompetensi dasar, kelas, nama guru pengampu dan tambahan lain
yang diperlukan. Langkah-langkahnya membuat judul dapat Anda ketahui secara
mudah, yaitu:
a. Pada
tampilan gambar 2 terdapat kolom yang berisi Formulir tanpa judul dan deskripsi
formulir. Disitulah kita klik pada tulisan tersebut, kemudian kita tulis sesuai
dengan keinginan kita. Perhatikan gambar berikut:
b. Anda hanya cukup merubah tanpa harus menyimpan
secara manual. Karena proses penyimpanan akan dilaksanakan secara otomatis real time.
1.
Cara setting awal evaluasi pembelajaran dengan
aplikasi google form
.....Untuk
melakukan setting awal sebelum anda melasanakan input soal, dapat Anda ketahui
dengan memperhatikan langkah-langkah berikut:
a. Klik
menu setting pada layar kanan atas
b. Selanjutnya pada menu umum. Klik pengumpulan
email. Email disini bukan email asli peserta didik. Tetapi email identitas yang
terdiri dari (Kelas_NamaLengkapTanpaSpasi@gmail.com).
Lakukan penyimpanan setiap selesai setting. Perhatikan gambar berikut ini:
c. Selanjutnya klik menu presentasi di sebelah
kanan menu umum. Kemudian klik pada pilihan acak urutan pertanyaan, sehingga
urutan pertanyaan antar siswa akan berbeda satu dengan yang lain. Lakukan
penyimpanan setiap selesai setting. Perhatikan gambar berikut ini:
d. Terakhir, klik menu kuis di sebelah kanan menu
presentasi. Kemudian klik pada pilihan acak urutan pertanyaan, sehingga urutan
pertanyaan antar siswa akan berbeda satu dengan yang lain. Lakukan penyimpanan
setiap selesai setting. Perhatikan gambar berikut ini:
1. Cara membuat
soal pada aplikasi google form
a. Klik pada tulisan Pertanyaan Tanpa Judul. Kemudian
isikaan soal yang Anda inginkan.
b. Sebelah
kanan soal ada beberapa pilihan tipe soal. Pilih yang sesuai dengan keinginan
anda. Perhatikan tampilan pada gambar berikut:
1. Cara membuat kunci jawaban
dan penskoran pada aplikasi google form
.....Kunci jawaban diperlukan untuk menentukan jawaban mana
yang akan meemberikan nilai saat dipilih oleh peserta didik. Kita juga perlu
menentukan bobot nilai tiap soal. Untuk lebih jelasnya perhatikan
langkah-langkah membuat kunci jawaban dan penskoran khusus soal tipe pilihan
ganda:
a. Tepat
di bawah tiap soal aka nada kalimat Opsi 1. Klik tepat pada tulisan tersebut,
kemudian ketikkan beberapa jawaban pengecoh dan satu jawaban yang benar. Untuk menambahkan
jaban kedua dan seterusnya, tekan tombol enter setelah menuliskan satu jawaban.
b. Jangan lupa pada tiap soal. Pada bagian pojok
kanan bawah klik wajib diisi dan acak urutan opsi jawaban pada titik 3.
Perhatikan gambar berikut:
c. Untuk memberikan menentukan kunci jawaban dan
skor tiap soal bisa kita lakukan dengan klik pada tulisan Kunci Jawaban dibawah
setiap soal. Maka akan muncul tampilan berikut:
.....Pada menu yang diberi tanda merah isikan total skor
tiap soal. Dan pada menu yang diberi tanda kuning klik kunci jawaban yang
sesuai. (tanda merah dan kunig adalah tanda yang diberi penulis untuk
mempermudah pemahaman pembaca, dan tidak akan di temui di tampilan yang
sebenarnya).
7. Cara menganalisis hasil pekerjaan peserta didik
.....Setelah
peserta didik mengerjakan soal yang kita buat. Tentunya kita sebagai guru akan
menganalisis hasil pekerjaan tersebut. Perhatikan langkah-langkah berikut:
a. Klik menu tanggapan pada formulir soal Anda.
Perhatikan gambar berikut.
.....Pada tampilan gambar 10 dapat diketahui bahwa
ada 2 peserta didik yang sudah mengirimkan jawaban dengan rata-rata skor 2,5
(dua koma lima)
b. Kemudian klik kotak hijau di kanan atas sebelah
kiri titik 3 (tiga)
Pada tampilan tersebut kita bisa download hasil
pekerjaan anak dengan format file excel.
a.