Jumat, 04 Oktober 2019

Tutorial Cara Ulangan Harian dengan Google Form

Artikel ini kami tulis sebagai gambaran bagi yang berkepentingan, khususnya tentang pemanfaatan aplikasi google form dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Tulisan ini kami sajikan secara ringkas dan rinci, sehingga pembaca akan lebih mudah memahami isinya. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja isi dari buku panduan pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google form dapat dilihat dibawah ini:
1.    Cara membuka aplikasi google form
2.    Cara membuat judul evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form
3.    Cara setting awal evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form
4.    Cara membuat soal pada aplikasi google form
5.    Cara membuat kunci jawaban dan penskoran pada aplikasi google form
6.    Cara menganalisis hasil pekerjaan peserta didik

Untuk mempersingkat waktu, berikut kami bahas ke enam materi diatas satu-persatu. Selamat membaca.
1.    Cara membuka aplikasi google form
......Sebelum kita bisa membuat soal evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form. Terlebih dahulu kita harus login pada aplikasi tersebut. Cara login aplikasi google form sebagai berikut:
a. Pastikan anda sudah login akun google crome. Karena aplikasi google form harus terkoneksi dengan akun google Anda.
b. Sebagai contoh, ketik https://docs.google.com/forms/ pada mesin pencarian Anda (Android atau laptop). Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:


c.  Pada tampilan diatas. Klik gambar plus (+) di kanan bawah. Maka akan muncul tampilan berikut:

1.    Cara membuat judul evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form
.....Judul adalah identitas evaluasi pembelajaran. Maka hendaknya judul ini ditulis secara jelas meliputi identitas mata pelajaran, kompetensi dasar, kelas, nama guru pengampu dan tambahan lain yang diperlukan. Langkah-langkahnya membuat judul dapat Anda ketahui secara mudah, yaitu:
a. Pada tampilan gambar 2 terdapat kolom yang berisi Formulir tanpa judul dan deskripsi formulir. Disitulah kita klik pada tulisan tersebut, kemudian kita tulis sesuai dengan keinginan kita. Perhatikan gambar berikut:

b.  Anda hanya cukup merubah tanpa harus menyimpan secara manual. Karena proses penyimpanan akan dilaksanakan secara otomatis real time.

1.    Cara setting awal evaluasi pembelajaran dengan aplikasi google form
.....Untuk melakukan setting awal sebelum anda melasanakan input soal, dapat Anda ketahui dengan memperhatikan langkah-langkah berikut:
a. Klik menu setting pada layar kanan atas

b.  Selanjutnya pada menu umum. Klik pengumpulan email. Email disini bukan email asli peserta didik. Tetapi email identitas yang terdiri dari (Kelas_NamaLengkapTanpaSpasi@gmail.com). Lakukan penyimpanan setiap selesai setting. Perhatikan gambar berikut ini:

c.  Selanjutnya klik menu presentasi di sebelah kanan menu umum. Kemudian klik pada pilihan acak urutan pertanyaan, sehingga urutan pertanyaan antar siswa akan berbeda satu dengan yang lain. Lakukan penyimpanan setiap selesai setting. Perhatikan gambar berikut ini:

d.  Terakhir, klik menu kuis di sebelah kanan menu presentasi. Kemudian klik pada pilihan acak urutan pertanyaan, sehingga urutan pertanyaan antar siswa akan berbeda satu dengan yang lain. Lakukan penyimpanan setiap selesai setting. Perhatikan gambar berikut ini:

1.    Cara membuat soal pada aplikasi google form
a.    Klik pada tulisan Pertanyaan Tanpa Judul. Kemudian isikaan soal yang Anda inginkan.
b. Sebelah kanan soal ada beberapa pilihan tipe soal. Pilih yang sesuai dengan keinginan anda. Perhatikan tampilan pada gambar berikut:

1.    Cara membuat kunci jawaban dan penskoran pada aplikasi google form
.....Kunci jawaban diperlukan untuk menentukan jawaban mana yang akan meemberikan nilai saat dipilih oleh peserta didik. Kita juga perlu menentukan bobot nilai tiap soal. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah-langkah membuat kunci jawaban dan penskoran khusus soal tipe pilihan ganda:
a. Tepat di bawah tiap soal aka nada kalimat Opsi 1. Klik tepat pada tulisan tersebut, kemudian ketikkan beberapa jawaban pengecoh dan satu jawaban yang benar. Untuk menambahkan jaban kedua dan seterusnya, tekan tombol enter setelah menuliskan satu jawaban.
b. Jangan lupa pada tiap soal. Pada bagian pojok kanan bawah klik wajib diisi dan acak urutan opsi jawaban pada titik 3. Perhatikan gambar berikut:

c.  Untuk memberikan menentukan kunci jawaban dan skor tiap soal bisa kita lakukan dengan klik pada tulisan Kunci Jawaban dibawah setiap soal. Maka akan muncul tampilan berikut:

.....Pada menu yang diberi tanda merah isikan total skor tiap soal. Dan pada menu yang diberi tanda kuning klik kunci jawaban yang sesuai. (tanda merah dan kunig adalah tanda yang diberi penulis untuk mempermudah pemahaman pembaca, dan tidak akan di temui di tampilan yang sebenarnya).

7. Cara menganalisis hasil pekerjaan peserta didik
.....Setelah peserta didik mengerjakan soal yang kita buat. Tentunya kita sebagai guru akan menganalisis hasil pekerjaan tersebut. Perhatikan langkah-langkah berikut:
a.  Klik menu tanggapan pada formulir soal Anda. Perhatikan gambar berikut.

.....Pada tampilan gambar 10 dapat diketahui bahwa ada 2 peserta didik yang sudah mengirimkan jawaban dengan rata-rata skor 2,5 (dua koma lima)
b.  Kemudian klik kotak hijau di kanan atas sebelah kiri titik 3 (tiga)

Pada tampilan tersebut kita bisa download hasil pekerjaan anak dengan format file excel.
a.